Bakso Gulung Bondowoso: Mengenal Rasa dan Resepnya

Bakso Gulung Bondowoso: Mengenal Rasa dan Resepnya
Bakso gulung Bondowoso yang unik dan lezat. Foto: travel.tribunnews.com

Tak hanya memiliki berbagai destinasi yang sangat mempesona, Bondowoso juga punya berbagai kuliner lezat, salah satunya adalah Bakso Gulung Bondowoso.

Bakso adalah salah satu kuliner khas yang paling umum di Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia pasti memiliki kuliner bakso. Hal ini membuat bakso mudah ditemui dari mulai pedagang gerobak berjalan, hingga kaki lima.

Bakso juga sudah sangat familiar di lidah orang Indonesia. Bahkan saking familiarnya, orang Indonesia jadi hafal bagaimana tekstur dan kuah bakso yang nikmat dan pas.

Nah tak seperti di kebanyakan daerah. Di Bondowoso, bakso jadi salah satu kuliner yang unik. Penyajiannya tak biasa dari bakso pada umumnya. Bakso di Bondowoso diolah dengan cara digulung.

Sesuai namanya, bakso ini dibentuk menggulung digabungkan dengan telur dadar dan beberapa isian.

Bagaimana rasanya? Ya tentu saja berbeda. Bakso Gulung Bondowoso dinilai sangat nikmat karena digulung bersama telur dadar. Perpaduan antara telur dadar yang di selimuti oleh bakso akan menimbulkan sensasi berbeda dari bakso biasanya.

Tekstur dan kuah biasanya jadi faktor penentu citarasa bakso. Begitu demikian, Bakso gulung Bondowoso punya tekstur kenyal  dan lembut yang pas serta kuah yang berasal dari racikan rempah-rempah dan bumbu sehingga membuat bakso gulung Bondowoso semakin gurih dan nikmat.

Baca juga: Fakta Dibalik Pecel Lele Lamongan yang Tersebar Seanteri Nusantara

Saat kamu berkunjung ke Bondowoso, kamu harus merasakan betapa istimewanya Bakso Gulung Bondowoso ini. Apalagi Bondowoso juga dikenal memiliki kuliner dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi taka da alasan untuk tak mencoba bakso gulung Bondowoso ini.

Bakso Gulung Bondowoso Paling Diminati

Salah satu kuliner bakso gulung Bondowoso yang paling diminati adalah Bakso Gulung Cak Rusdi yang berada sebelah Gedung 1 MTSN Wonosari, Jalan Raya Situbondo, Tratakan, Wonosari, Bondowoso. Jaraknya tak jauh dari pusat kota Bondowoso yaitu 8 kilometer atau sekitar 15 menit waktu perjalanan.

Selain punya rasa yang unik, bakso gulung cak Rusdi juga sangat terjangkau. Satu porsinya hanya dibanderol Rp 20.000 saja. Tak heran kalau bakso gulung ini selalu ramai dikunjungi. Jika merasa belum kenyang, kalian juga bisa memesan beberapa lontong sebagai tambahan agar lebih mengenyangkan.

Untuk kalian yang ingin mencicipi bakso ini, bakso gulung Cak Rusdi buka sejak pukul 09:00 hingga 21:00.

Cara Pembuatan Bakso Gulung Bondowoso

Seperti disinggung diatas bahwa bakso gulung Bondowoso dibentuk dengan cara yang unik. Jika bakso bulat dibentuk dengan cara meremas adonan, bakso gulung Bondowoso tak bisa demikian. Untuk membentuk gulungan, adonan bakso terlebih dahulu di bentuk menjadi lembaran tipis lalu digulung.

Namun, tak hanya adonan bakso, bakso gulung Bondowoso digulung dengan telur dadan dan beberapa toping lain seperti cincang daging sapi dll.

Resep Bakso Gulung Bondowoso

Membuat bakso gulung Bondowoso sebenarnya tak sulit, untuk kalian yang ingin mencoba membuatnya dirumah, berikut merupakan resep bakso gulung Bondowoso:

Baca juga: Selain Nasi Padang, Kota Pariaman juga Punya Kuliner Nasi Sek

Cara Membuat Bakso Gulung Bondowoso

Bahan isi bakso:

  • 100 gram daging sapi
  • 100 gram sound dan rendam di air panas
  • 1-2 butir telur dan kocok hingga tercampur
  • 1 helai daun bawang dan iris halus
  • 2 sdm bawang mrah goreng

Bahan bakso:

  • 150 gram daging cincang
  • ½ telur dan kocok hingga merata (tambahkan garam)
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdm tepung kanji

Bahan kaldu:

  • 3 buah kikil sapi
  • 2 butir bawang merah dan haluskan
  • 2 siung bawang putih
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 cm jahe
  • 1 sdm minyak goreng

Cara membuat:

  1. Rebus daging dan kikil sapi dengan air dingin. Setelah mendidih, kecilkan api.
  2. Angkat daging, suwir-suwir, sisihkan.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan hingga harum, masukkan ke dalam rebusan kikil sapi. Tambahkan jahe dan merica bubuk. Setelah mendidih, angkat.
  4. Buat 2 dadar dari 1/2 butir telur, sisihkan.
  5. Buat bakso gulung : Campur daging sapi cincang dengan tepung kanji dan bawang putih serta 1/2 butir telur. Aduk rata. Ambil dadar, ratakan daging sapi pada permukaan dadar, gulung rapat, kukus. Angkat, potong setebal 3 cm.
  6. Siapkan mangkuk, letakkan soun, beri suwiran daging sapu, bakso gulung, taburi dengan daun bawang dan bawang goreng, siram dengan kaldu panas-panas.

Bagaimana? Mudah bukan!

Kalian pasti bisa membuat bakso gulung Bondowoso lezat di rumah.

Demikian ulasan mengenai bakso gulung Bondowoso dari Exploring Indonesia, dari mulai citarasanya, cara membuat hingga resepnya. semoga bisa membatu dan mari cintai seluruh kuliner Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar